Senin, 04 Oktober 2010

MOCAP

2209105066(zulfikkar wahyu hidayah)

MOTION CAPTURE (MOCAP)

Dalam dunia pembuatan film khususnya 3D dibutuhkan realisasi pembentukan objek. dalam hal ini terdapat metode yang diguanakan dalam pengambilan pergerakan sesuai objek riilnya.Motion capture, pelacakan gerak, atau mocap adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses rekaman gerakan dan menterjemahkan gerakan  ke model digital. Hal ini digunakan dalam militer, hiburan, olahraga, aplikasi medis dan untuk validasi visi komputer  dan robotika. Dalam pembuatan film itu mengacu pada tindakan pencatatan aktor manusia, dan menggunakan informasi tersebut untuk menghidupkan model karakter digital dalam 2D atau 3D animasi komputer. Ketika itu mencakup wajah, jari-jari dan menangkap ekspresi halus, sering disebut sebagai menangkap kinerja.

Dalam sesi menangkap gerakan, gerakan dari satu atau lebih aktor sampel kali per detik, Data animasi dipetakan ke model 3D sehingga model melakukan tindakan yang sama sebagai pelaku. Hal ini sebanding dengan teknik yang lebih tua rotoscope, seperti tahun 1978 Lord of the Rings film animasi dimana tampilan visual dari gerak aktor difilmkan, maka film yang digunakan sebagai panduan untuk frame dengan frame gerakan tangan ditarik-karakter animasi.






contoh gambar MOCAP

Awalnya Motion capture digunakan sebagai sebuah alat analisis fotogrametri dalam penelitian biomekanika pada 1970-an dan 1980-an, dan diperluas ke pendidikan, pelatihan, olahraga dan baru-baru ini komputer animasi untuk televisi, bioskop dan video game sebagai teknologi matang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar