Senin, 18 Oktober 2010

RENDERING

2209105066( Zulfikkar wahyu hidayah)


Rendering adalah proses menangkap segala sesuatu yang ada di dalam scene termasuk geometri, material, cahaya, lingkungan serta efek-efek yang terdapat didalamnya.

Dalam sebuah gambar output dari scene 3d atau suatu object, Fitur-fitur seperti materials, lighting, oversampling dan shadows memiliki pengaruh dalam efek dan kualitas hasil rendering. Semakin banyak fitur yang ditambahkan , maka semakin realistik hasilnya, akan tetapi akan mempengaruhi lama waktu rendering.

Rendering telah digunakan dalam arsitektur,vidio game, simulator, film dll. Dlam hal grafis 3D, rendering bisa dilakukan perlahan-lahan, seperti pada pra-rendering, atau  secara real-time. Pra-rendering adalah proses komptasi secara intensif yang biasanya digunakan untuk pembuatan film, sedangkan real-time rendeering sering dilakukan untuk 3D video game yang mengandalkan pada penggunaan kartu grafis dengan akselerator 3D hardware.

 

Fitur fitur rendering

  • Shading : bagaimana warna kecerahan permukaan bervariasi dengan pencahayaan
  • Tekstur  mapping : suatu metodepenerapan detai pada permukaan
  • Bump-mapping : suatu metode simulasi skala bumpiness kecil pada permukaan
  • Fogging/participating medium : bagaimana cahaya meredup  
  • Shadows : efek menghalangi cahaya
  • Soft shadows : efek gelap yang disebabkan oleh tertutupnya setengah sumber cahaya
  • Reflection : seperti cermin dan bisa sangat mengkilap
  • Transparency (optics) , transparency (graphic) or opacity: transmisi cahaya yang tajam melalui benda padat
  •  Translucency : transmisi cahaya yang tersebar melalui benda padat
  • Refraction : cahaya yang terkait dengan transparansi
  • Diffraction : penyebaran dan interferensi cahaya yang lewat suatu obyek yang mengganggu sinar
  • Indirect illumination : permukaan diterangi cahaya yang diapantulkan dari permukaan lain
  • Caustics (a form of indirect illumination) : pantulan cahaya dari obyek yang mengkilat
  • Depth of field : obyek yang kelihatan buram atau tidak fokus ketika terlalu jauh di depan atau di belakang obyek dalam fokus
  • Motion blur : obyek yang terlihat kabur karena kecepatan gerak tinggi atau gerakan kamera
  • Non-photorealistic rendering: render dengan gaya artistik atau dimaksudkan untk terlihat seperti sebuah lukisan atau gambar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar