Rendering adalah proses menangkap segala sesuatu yang ada di dalam scene termasuk geometri, material, cahaya, lingkungan serta efek-efek yang terdapat didalamnya.
Dalam sebuah gambar output dari scene 3d atau suatu object, Fitur-fitur seperti materials, lighting, oversampling dan shadows memiliki pengaruh dalam efek dan kualitas hasil rendering. Semakin banyak fitur yang ditambahkan , maka semakin realistik hasilnya, akan tetapi akan mempengaruhi lama waktu rendering.
Rendering telah digunakan dalam arsitektur,vidio game, simulator, film dll. Dlam hal grafis 3D, rendering bisa dilakukan perlahan-lahan, seperti pada pra-rendering, atau secara real-time. Pra-rendering adalah proses komptasi secara intensif yang biasanya digunakan untuk pembuatan film, sedangkan real-time rendeering sering dilakukan untuk 3D video game yang mengandalkan pada penggunaan kartu grafis dengan akselerator 3D hardware.
Fitur fitur rendering
- Shading : bagaimana warna kecerahan permukaan bervariasi dengan pencahayaan
- Tekstur mapping : suatu metodepenerapan detai pada permukaan
- Bump-mapping : suatu metode simulasi skala bumpiness kecil pada permukaan
- Fogging/participating medium : bagaimana cahaya meredup
- Shadows : efek menghalangi cahaya
- Soft shadows : efek gelap yang disebabkan oleh tertutupnya setengah sumber cahaya
- Reflection : seperti cermin dan bisa sangat mengkilap
- Transparency (optics) , transparency (graphic) or opacity: transmisi cahaya yang tajam melalui benda padat
- Translucency : transmisi cahaya yang tersebar melalui benda padat
- Refraction : cahaya yang terkait dengan transparansi
- Diffraction : penyebaran dan interferensi cahaya yang lewat suatu obyek yang mengganggu sinar
- Indirect illumination : permukaan diterangi cahaya yang diapantulkan dari permukaan lain
- Caustics (a form of indirect illumination) : pantulan cahaya dari obyek yang mengkilat
- Depth of field : obyek yang kelihatan buram atau tidak fokus ketika terlalu jauh di depan atau di belakang obyek dalam fokus
- Motion blur : obyek yang terlihat kabur karena kecepatan gerak tinggi atau gerakan kamera
- Non-photorealistic rendering: render dengan gaya artistik atau dimaksudkan untk terlihat seperti sebuah lukisan atau gambar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar