Pengenalan Grafika Komputer
Luky Winarto
2209105001
Grafika komputer adalah grafik yang dihasilkan oleh komputer. Teknik yang dipelajari dalam grafik komputer adalah teknik bagaimana membuat atau menciptakan gambar dengan menggunakan komputer, menterjemahkan kordinat dunia ke dalam kordinat layar. Kegiatan yang terkait dengan grafika komputer adalah sebagai berikut:
- pemodelan geometris, yakni menciptakan model matematika dari objek-objek 2 dimensi dan 3 dimensi.
- rendering, yakni memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
- animasi, yakni menampilkan kembali tingkah laku objek bergantung waktu.
Pemodelan Geometris
Melakukan transformasi dari suatu konsep atau suatu benda nyata (real) ke dalam bentuk suatu model geometris yang dapat ditampilkan pada suatu komputer. Transformasi tersebut dapat berupa:
- bentuk
- posisi atau letak
- ciri-ciri permukaan (warna, tekstur)
- ciri-ciri ketebalan
- cahaya (intensitas cahaya, jenis warna)
- dan lain-lain ...
- pemodelan geometris, yakni menciptakan model matematika dari objek-objek 2 dimensi dan 3 dimensi.
- rendering, yakni memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
- animasi, yakni menampilkan kembali tingkah laku objek bergantung waktu.
Pemodelan Geometris
Melakukan transformasi dari suatu konsep atau suatu benda nyata (real) ke dalam bentuk suatu model geometris yang dapat ditampilkan pada suatu komputer. Transformasi tersebut dapat berupa:
- bentuk
- posisi atau letak
- ciri-ciri permukaan (warna, tekstur)
- ciri-ciri ketebalan
- cahaya (intensitas cahaya, jenis warna)
- dan lain-lain ...
Dasar matematika yang diperlukan dalam grafika komputer adalah:
- geometri (2 dimensi dan 3 dimensi)
- trigonometri
- vektor
- cross dan dot products
Kordinat sistem:
- kordinat sistem window/layar monitor
- kordinat sistem framebuffer OpenGL
Contoh:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar