GRAFIKA KOMPUTER
Achmad Bayu Setiawan
2209105082
Pengenalan mengenai Mata Kuliah Grafika Komputer, Pada awalnya dengan hanya mengacu pada judul, saya mengira bahwa Mata Kuliah Grafika Komputer adalah mata kuliah yang mengajarkan tentang desain grafis dan berhubungan dengan program program grafik seperti photoshop, corel dan lain sebagainya, dikarenakan saya masih awam dalam bidang komputer ini, namun setelah mendengar penjelasan yang disampaikan oleh bapak dosen akhirnya saya sedikit mengerti tentang apa itu Grafika Komputer, perbedaannya dengan Image Processing dan juga tujuan serta definisi dari Grafika Komputer, yang akan saya tuangkan dalam tulisan ini, dan tentu saja dengan bantuan hasil searching internet tentang Grafika Komputer.
Diawal pembahasan ini saya akan mencoba mengenalkan tentang apa itu Grafika Komputer. Grafika komputer pada dasarnya adalah suatu bidang komputer yang mempelajari cara-cara untuk meningkatkan dan memudahkan komunikasi antara manusia dengan mesin (komputer) dengan mesin jalan membangkitkan, menyimpan, dan memanipulasi gambar model suatu objek menggunakan komputer sedangkan Tujuan dari grafika komputer ini adalah untuk memungkinkan manusia berkomunikasi lewat gambar, bagan-bagan, dan diagram. Dalam bagian lainnya juga disebutkan bahwa Grafika komputer, adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Selanjutnya akan disebutkan berbagai definisi tentang Grafika Komputer dari berbagai sumber, yaitu :
1. Manipulasi dan penyajian data bergambar dengan komputer.
2. [ dictionary ]
a. Sekumpulan teknologi yang digunakan untuk menciptakan seni (art) dengan komputer.
b. Seni atau desain yang diciptakan menggunakan teknologi.
3. [ science and tecknology encyclopedia ]
Suatu cabang ilmu komputer yang berhadapan dengan teknik dan teori sintesis gambar (image) komputer.
4. Komputer digunakan untuk menampilkan dan memanipulasi informasi dalam format bergambar atau grafis, baik visual-display unit (VDU) atau via printer atau plotter.
5. [ Marketing terms ]
Gambar (pictures) yang diciptakan dan dimanipulasi melalui penggunaan alat komputer. Misalnya printer laser,mengapa disebut alat grafika komputer?sebab printer tersebut mengijinkan komputer mengeluarkan gambar.
6. [ Britannica ]
Grafika Komputer adalah penggunaan komputer untuk menghasilkan gambar visual. Pada umumnya, format garfika komputer meliputi GIF, dan JPEG, untuk gambar tunggal , dan MPEG dan Quicktime, untuk gambar multiframe.
7. [ Encyclopedia ]
Perpindahan data bergambar ke dalam dan ke luar komputer. Penggunaan teknik-teknik konversi analog-to-digitial, berbagai devices curve tracers, digitizers, dan ligth pens-dikoneksikan keterminal grafis komputer ; program computer-aided design, scanner optis adalah untuk menyimpan data bergambar pada komputer digital.
8. [ WordNet ]
Yaitu manipulasi dan penyajian data bergambar menggunakan komputer.
9. [ Wikipedia ]
Grafika komputer (CG) adalah bidang dari komputasi visual, dimana penggunaan komputer akan menghasilkan gambar visual secara sintetis dan mengintegritasikan atau mengubah informasi mengenai ruang dan visual yang dicontohkan dari dunia nyata.
Dalam Grafika Komputer, juga dibagi dalam beberapa bagian, yaitu :
1. Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
2. Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
3. Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
4. Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar
Adapun perbedaan antara Image Processing dan Computer Graphic adalah sebagai berikut :
IMAGE PROCESSING :
a. Berorientasi Pixel
b. Mengolah Data citra untuk mendapatkan interpretasi 2D/3D
c. Titik berat adalah pada bagian memanipulasi citra sesuai dengan keperluan User.
d. Berawal dari citra digital sehingga deskripsi objek terdapat pada citra.
COMPUTER GRAPHIC :
a. Berorientasi Vektor.
b. Menggunakan model 2D/3D sehingga hasil nampak realistis.
c. Cenderung mempelajari konsep dan implementasi metode untuk pembangkitan citra / animasi 2D/3D.
d. Mendeskripsikan objek dengan dasar grafis yang primitif untuk membentuk citra 2D/3D.
Mungkin untuk saat ini, hanya ini saja yang dapat saya bagikan, semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih.
(Achmad Bayu Setiawan / 2209105082 )
Achmad Bayu Setiawan
2209105082
Pengenalan mengenai Mata Kuliah Grafika Komputer, Pada awalnya dengan hanya mengacu pada judul, saya mengira bahwa Mata Kuliah Grafika Komputer adalah mata kuliah yang mengajarkan tentang desain grafis dan berhubungan dengan program program grafik seperti photoshop, corel dan lain sebagainya, dikarenakan saya masih awam dalam bidang komputer ini, namun setelah mendengar penjelasan yang disampaikan oleh bapak dosen akhirnya saya sedikit mengerti tentang apa itu Grafika Komputer, perbedaannya dengan Image Processing dan juga tujuan serta definisi dari Grafika Komputer, yang akan saya tuangkan dalam tulisan ini, dan tentu saja dengan bantuan hasil searching internet tentang Grafika Komputer.
Diawal pembahasan ini saya akan mencoba mengenalkan tentang apa itu Grafika Komputer. Grafika komputer pada dasarnya adalah suatu bidang komputer yang mempelajari cara-cara untuk meningkatkan dan memudahkan komunikasi antara manusia dengan mesin (komputer) dengan mesin jalan membangkitkan, menyimpan, dan memanipulasi gambar model suatu objek menggunakan komputer sedangkan Tujuan dari grafika komputer ini adalah untuk memungkinkan manusia berkomunikasi lewat gambar, bagan-bagan, dan diagram. Dalam bagian lainnya juga disebutkan bahwa Grafika komputer, adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Selanjutnya akan disebutkan berbagai definisi tentang Grafika Komputer dari berbagai sumber, yaitu :
1. Manipulasi dan penyajian data bergambar dengan komputer.
2. [ dictionary ]
a. Sekumpulan teknologi yang digunakan untuk menciptakan seni (art) dengan komputer.
b. Seni atau desain yang diciptakan menggunakan teknologi.
3. [ science and tecknology encyclopedia ]
Suatu cabang ilmu komputer yang berhadapan dengan teknik dan teori sintesis gambar (image) komputer.
4. Komputer digunakan untuk menampilkan dan memanipulasi informasi dalam format bergambar atau grafis, baik visual-display unit (VDU) atau via printer atau plotter.
5. [ Marketing terms ]
Gambar (pictures) yang diciptakan dan dimanipulasi melalui penggunaan alat komputer. Misalnya printer laser,mengapa disebut alat grafika komputer?sebab printer tersebut mengijinkan komputer mengeluarkan gambar.
6. [ Britannica ]
Grafika Komputer adalah penggunaan komputer untuk menghasilkan gambar visual. Pada umumnya, format garfika komputer meliputi GIF, dan JPEG, untuk gambar tunggal , dan MPEG dan Quicktime, untuk gambar multiframe.
7. [ Encyclopedia ]
Perpindahan data bergambar ke dalam dan ke luar komputer. Penggunaan teknik-teknik konversi analog-to-digitial, berbagai devices curve tracers, digitizers, dan ligth pens-dikoneksikan keterminal grafis komputer ; program computer-aided design, scanner optis adalah untuk menyimpan data bergambar pada komputer digital.
8. [ WordNet ]
Yaitu manipulasi dan penyajian data bergambar menggunakan komputer.
9. [ Wikipedia ]
Grafika komputer (CG) adalah bidang dari komputasi visual, dimana penggunaan komputer akan menghasilkan gambar visual secara sintetis dan mengintegritasikan atau mengubah informasi mengenai ruang dan visual yang dicontohkan dari dunia nyata.
Dalam Grafika Komputer, juga dibagi dalam beberapa bagian, yaitu :
1. Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
2. Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
3. Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
4. Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar
Adapun perbedaan antara Image Processing dan Computer Graphic adalah sebagai berikut :
IMAGE PROCESSING :
a. Berorientasi Pixel
b. Mengolah Data citra untuk mendapatkan interpretasi 2D/3D
c. Titik berat adalah pada bagian memanipulasi citra sesuai dengan keperluan User.
d. Berawal dari citra digital sehingga deskripsi objek terdapat pada citra.
COMPUTER GRAPHIC :
a. Berorientasi Vektor.
b. Menggunakan model 2D/3D sehingga hasil nampak realistis.
c. Cenderung mempelajari konsep dan implementasi metode untuk pembangkitan citra / animasi 2D/3D.
d. Mendeskripsikan objek dengan dasar grafis yang primitif untuk membentuk citra 2D/3D.
Mungkin untuk saat ini, hanya ini saja yang dapat saya bagikan, semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih.
(Achmad Bayu Setiawan / 2209105082 )
kita juga punya nih artikel mengenai 'Grafik Komputer', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
BalasHapushttp://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/836/1/D87-D95_Yusuf.pdf
trimakasih
semoga bermanfaat