Grafika komputer adalah gambar – gambar yang digenerate oleh komputer. Dimanapun kita berada kita bisa melihat beberapa contoh, misalnya dalam majalah – majalah ,televisi(animasi-animsi dalam film), dll, semuaitu dibuat dalam sebuah komputer. Grafika komputer juga menyediakan tools(baik hardware maupun software) untuk membuat sebuah gambar. Adapun tool-tool hardwarenya adalah video monitor, graphic cards dan printer untuk menampilkan gambar. Sedangkan untuk inputannya adalah mouse, keyboard, dll, yang digunakan untuk menggambar sbuag figure. Sedangkan software yang dipakai adalah operating system, editor, compiler, debugger yang dapat didapatkan dalam lingkungan programming. Dan kita harus mempunyai librari yang merupakan fungsi untuk menggambar sebuah gambar, misalnya fungsi untuk menggambar garis stu lingkaran. Seperti halnya OpenGL dimana didalamny terdapat fungsi untuk membuat garis, lingkaran bahkan terdapat fungsi yang dapat mensupport kita untuk membuat animasi 2D maupun 3D. openGl juga disbut dengan "aplication programming interface"(API). Grafika komputer merupakan perangkat (tool) dasar yang digunakan untuk membuat gambar dengan komputer. Dengan menggunakan perangkat ini, penciptaan gambar dapat dilakukan bahkan dimudahkan dengan menggunakan komputer Bagian – bagian dari grafika komputer adalah : - Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
- Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
- Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
- Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Dalam banyak aplikasi grafika suatu obyek munkin akan megalami tranformasi secara geometris dari representasi asalnya. Tranformasi – transformasi Dasar · Translasi · Rotasi · Skala · Refleksi terhadap sumbu x atau sumbu y
by : Zumrotul Hana |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar