Senin, 27 September 2010

2208100626 Pengetahuan Dasar Tentang Membuat Game

Pengetahuan Dasar Tentang Membuat Game

Mohamad Anwar Syaefudin (2208100626)

 

Penulisan ini ditujukan bagi yang memiliki keinginan untuk membuat game, namun tidak tahu harus memulai dari mana. Dalam tulisan berikut ini hanya akan diajarkan dasar-dasar dari proses pembuatan game.
Kita boleh saja memiliki keinginan untuk menciptakan game. Namun seharusnya memiliki syarat-syarat tertentu, agar lebih mudah untuk bergelut dalam dunia yang satu ini. Syarat-syarat yang harus dimiliki adalah sbb:

 

  1. Memiliki pengetahuan dasar tentang menggunakan komputer.
  2. Memiliki pengetahuan tentang berbagai macam software pendukung dan fungsinya.
  3. Memiliki pengetahuan tentang berbagai macam format file.
  4. Mempunyai bakat / talenta di bidang seni khususnya.
  5. Memiliki logika yang tajam.
  6. Mempunyai motivasi.

 

Game terbagi dua menurut dimensinya, yaitu:


1. 2D (two dimension)
Game dua dimensi dapat diketahui berdasarkan ruangnya yang hanya memiliki dua sisi ( X dan Y).
Sedangkan untuk gambarnya sendiri dapat menggunakan Vector maupun Bitmap. Untuk membuat animasi bergerak (berjalan,melompat,berlari,dll) kita harus membuat gambar satu persatu yang disebut dengan(frame).

 
2. 3D (three dimension)
Sama dengan dua dimensi , game bertipe ini dapat diketahui berdasarkan ruangnya , hanya saja dalam 2D hanya ada 2 sisi (X,Y), dalam game 3D kita akan menemui tiga sisi (X,Y,Z). Object 3 dimensi nantinya akan jadikan sebagai karakter utama, bangunan, object-object seperti senjata,musuh, permukaan tanah ,pohon, bukit,dll. Object 3d seperti ini bisa anda buat dengan menggunakan program seperti "3D S.Max","Maya","Blender",dll.

 

Dalam membuat game 2D sebaiknya bekerja dalam kelompok atau team yang minimal terdiri dari 3 orang yang terdiri dari :
-1 orang programmer
-1 orang graphic design
-1 orang music composer


Sedangkan untuk membuat game 3D sebaiknya anda minimal mempunyai 5 orang dalam satu kelompok yang terdiri dari :
-1 orang programmer
-1 orang texture maker
-1 orang 3d modeler
-1 orang music composer
-1 orang pengatur gerakan (koreografer)


Dalam membuat game harus memahami konsep dari game yang akan kita buat.Tidak mungkin kita membuat game tanpa ada konsep ibarat membabi buta. Konsep merupakan bagian yang paling penting, sebab disinilah anda menentukan game apa yang anda ingin buat , R.P.G. , Adventure , Action, dll. Setelah pembuatan konsep kita akan mengikuti langkah-langkah selanjutnya , tergantung dari game yang akan dibuat , game 2D sederhana, game 2D besar, game 3d sederhana, atau game 3d besar.


Untuk Bagan dari Konsep pembuatan game 2D dapat dilihat pada Gambar 1, Sedangkan Bagan dari Konsep pembuatan game 3D dapat dilihat pada Gambar 2.



konsep_dasar_2d.jpg

Gambar 1. Bagan Konsep Pembuatan Game 2D 




konsep_dasar_3d.jpg

Gambar 2. Bagan Konsep Pembuatan Game 3D.



Yang dimaksud "bug" disini adalah kesalahan yang terdapat dalam game. Dalam game yang berukuran sedang/ besar( tidak dilihat dari segi besarnya ukuran file, tetapi dari segi cerita,gameplay,durasi, kualitas gambar,dll). Sangat besar kemungkinan akan adanya kesalahan dalam game. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengecek ulang untuk mencari kesalahan yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar