Senin, 27 September 2010

2209105085 grafik komputer

 Grafik komputer dapat diartikan sebagai seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar, grafik, pengelohan citra untuk seni, game komputer, foto, dan film animasi. Penggunaan secara komersial komputer grafik dimulai pada tahun 60-an, yaitu saat perangkat peraga masih berbasis vektor. Untuk sekarang ini perangkat peraga sebagian besar berbasis raster yang mulai berkembang pada awal 80-an.

Teknik-teknik pemrograman grafis ini didasari oleh teknik menggambar dengan pemakaian geometri sebagai dasar strukur datanya. Hasil pemrograman grafis adalah visualisasi grafis. Bentuk geometri yang dihasilkan akan dibuat bentuk pergerakannya (animasi), kemudian bisa dipelajari  algoritma untuk menampilkan efek cahaya (rendering).

Berikut adalah contoh gambar dari komputer grafik yang mensimulasikan benda di dunia nyata kedalam layar komputer.


                       


Setiap pengguna yang menggunakan komputer sebagai media untuk menghasilkan gambar maka tidak bisa terlepas dari library  software interface seperti yang ada pada OpenGL dan DirectX. Software interface untuk hardware grafis memiliki berbagai command yang dapat digunakan oleh programmer grafis untuk membuat objek dan melakukan operasi-operasi yang di butuhkan untuk menghasilkan aplikasi grafis 2D dan 3D.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar