Senin, 27 September 2010

2209105081 Cell Shading pada teknik penggambaran tiga dimensi

Kita semua tentu pernah melihat film kartun, film tersebut merupakan suatu gambar dua dimensi. Cell shading adalah suatu teknik rendering bentuk tiga dimensi menjadi seperti buatan tangan atau gambar tiga dimensi tapi seperti dua dimensi. Hasilnya maka terlihat seperti film tiga dimensi tapi bernuansa kartun.
 
Contoh proses shading
Prinsipnya sederhana yaitu bagaimana kita menentukan bagian gambar yang tidak terkena cahaya dan membuat warna disisi tersebut lebih gelap, selain itu menggunakan sedikit warna khas gaya sebuah kartun. Hal tersebut dilakukan dengan pertama-tama membentuk suatu gambar tiga dimensi kemudian membuat bayangan yang tampak jelas perbedaan warnanya dengan mengurangi gradasi secara ekstrim. Sehingga gambar tiga dimensi tampak rata seperti gambaran tangan (hand-draw). Efek cell shading diperkuat dengan menambah garis tegas ditepi obyek gambar dan penggunaan garis-garis kontur.


Legend of Zelda

Meskipun cell shading tidak terlalu populer namun teknik ini cukup banyak dipakai di game game komputer maupun konsol. Jika diterapkan dengan tepat dan baik, cell shading dapat menambah suatu daya tarik atau sensasi lain pada game. Contoh game konsol yang menggunakan teknik ini adalah Dragon Quest VIII, Rogue Galaxy, Tony Hawk series dan Legend of Zelda.


Rogue Galaxy


Sumber terkait :

1 komentar: