Senin, 27 September 2010

2209 105 054 - Sekilas tentang Game Engine

2209 105 054 - Muhammad Yusuf

Sekilas tentang Game Engine


ImageShack, free image hosting, free video hosting, image hosting, video hosting, photo image hosting site, video hosting site

Game engine adalah software system yang di design untuk membuat dan mengembangkan game-game computer dan video games. Ada banyak sekali game engines saat ini, perkembangannya pun demikian pesat. Persaingan antar game engine ini juga semakin tinggi para pembuatnya saling berlomba untuk menyajikan tampilan yang menarik khususnya bagi kalangan gamer graphic enthusiast, menjadikannya sedap dipandang mata saat dimainkan baik di desktop PC maupun console. Bagaimana tidak, saat memainkan game dengan dukungan graphic yang mumpuni bahkan mendekati realitas karena ditunjang fitur physic, dan tentunya gameplay yang menakjubkan akan membuat seorang gamer enggan beranjak dari depan layar monitornya.



http://img340.imageshack.us/img340/8316/21120477.jpg



Namun belakangan ini ada empat game engine yang sangat populer digunakan, dan mengalami perkembangan pesat, diantaranya :

1. CryEngine
Engine ini dikembangkan oleh Crytek. Game yang dibuat dengan menggunakan engine ini diantaranya : Farcry, Crysis, dan Crysis: Warhead. Graphic yang ditampilkannya sangat menawan, namun membutuhkan system spesifikasi computer yang cukup tinggi. Saat ini CryEngine telah sampai pada versi yang ke 2.

http://riadyawan.files.wordpress.com/2009/11/cryengine3lb3.jpg


2. Unreal Engine
Engine yang dikembangkan oleh Epic Games ini sangat populer. Sudah sangat banyak game populer yang menggunakan engine ini baik di PC maupun di console, seperti antara lain : BioShock, BlackSite: Area 51, Gears of War, Unreal Tournament 3, Rainbow Six Vegas, Lost Odyssey, Mass Effect, The Last Remnant dan masih banyak lagi. Hingga saat ini Unreal Engine telah sampai pada versi ke 3, namun segera akan dirilis versi ke 4 nya oleh Epic Games.
File:Unreal Engine Comparison.jpg

3. Dunia Engine
Dunia Engine dikembangkan oleh Ubisoft's Montreal. Memang baru Farcry 2 yang menggunakan engine ini, namun melihat tampilan graphic-nya yang cukup luar biasa memungkinkan engine ini bakal menjadi engine populer nantinya.
http://media.techeblog.com/images/farcry2_5.jpg


4. Call of Duty 4
Engine yang dikembangkan dan dimiliki oleh Activision. Kedua developer nya Infinity Ward dan Treyarch menggunakan engine ini untuk membuat game Call of Duty series. Tampilan yang cukup menarik juga dapat dimaksimalkan oleh engine ini bahkan dengan spesifikasi PC sedang untuk saat ini sudah sanggup memainkan game tersebut.

http://img822.imageshack.us/img822/3475/43589107.jpg

Beberapa engine lain yang cukup menjanjikan seperti Gamebryo yang dikembangkan oleh Bethesda Game Studios untuk game Fallout 3, dan X-Ray Engine yang dikembangkan oleh GSC Game World untuk game S.T.A.L.K.E.R. jelas juga tidak dapat dipandang sebelah mata kedua game engine ini juga akan menjadi populer dikemudian hari.


http://img227.imageshack.us/img227/2776/37570679.jpg

Melihat perkembangan ini sepertinya cukup menarik untuk dijadikan bahan diskusi. Dari beberapa 4 engine diatas manakah yang terbaik menurut anda ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar