Senin, 04 Oktober 2010

2209 105 085 - Perkembangan Grafis 3D

Perkembangan Grafis 3D
by akhmad arif

Menurut analis 3D dan multimedia dari Cahners Microdesigns Resources, Peter Glakowsky para pembuat kartu grafis memfokuskan diri pada gaming 3D sebagai target utama pengembangan kartu baru mereka. Tetapi hal tersebut telah berubah. "Microsoft mulai menerapkan lingkungan 3D pada user interface mereka, dan pada tahun-tahun ke depan mereka akan memposisikan diri untuk membuat interface Windows dalam 3D ( dimulai pada peluncuran windows 7). Pada titik tersebut, kebutuhan akan grafis 3D merupakan hal yang umum bagi kebanyakan orang," ujar Glakowsky.


Opsi lainnya adalah grafis terintegrasi, yang terus tumbuh karena harganya yang murah (firma Jon Peddie Associates memnperkirakan bahwa dari 160 juta PC yang dikapalkan tahun ini, 100 juta diantaranya menggunakan grafis terintegrasi). Tetapi banyak para analis percaya bahwa para pembuat kartu grafis 3D memiliki masa hidup yang panjang.

Kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang sangat bagus seperti film fiksi ilmiah oleh James Cameron, Avatar sudah terealisasi. Tetapi menduplikasi fotorealisme dalam bentuk real-time masih membutuhkan waktu. Film pertama dalam bentuk fotorealisme grafik adalah final fantasy.


Sepertinya masih akan diperlukan waktu beberapa tahun lagi sebelum muncul kartu grafis yang mampu melakukan pemrosesan hingga trilyunan kalkulasi floating point untuk mereplikasi kehidupan nyata dalam bentuk tampilan digital.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar