Selasa, 12 Oktober 2010

2209105085 Transformasi : Rotasi, Translasi, Refleksi, Dilatasi

Rotasi dan Translasi
2209105085 (akhmad arif)

Ada beberapa hal mendasar yang perlu di pelajari dan di pahami untuk bisa membuat dan mengkreasikan suatu bentuk atau bidang dalam grafika komputer. Setelah beberapa pertemuan di kuliahnya Pak Akok saya masih mengalami kesulitan untuk membayangkan pola-pola dalam memodelkan suatu bentuk 2D maupun 3D ketika di hubungkan satu sama lain antara 2 - 3 bidang, disamping mungkin score IQ saya yang cukup dibawah standard . hehehe...
Banyak istilah2 dasar yang familiar di telinga tp sudah tidak di temukan lagi apa maksud dan pengertiannya," Matrik rotasi, translasi, dan seterusnya. Maka ingin saya tuliskan kembali makna dan maksud dari istilah tersebut mengambil dari beberapa literatur untuk mengingatkan kembali pengetahuan tersebut dan supaya memudahkan untuk dibayangkan kembali. :)
Untuk memindah atau merubah posisi suatu model/bentuk tidak bisa terlepas dari yang namanya Tranformasi. Ada beberapa jenis tranformasi yaitu: Rotasi, Translasi, Dilatasi, dan refleksi. Yang saya bahas disini adalah rotasi dan translasi.
Rotasi



Rotasi artinya berputar. Ketika suatu bentuk benda sengaja diputar maka  perlu di tentukan pusat dan besar sudut putar. sedangkan translasi adalah pergeseran. Benda yang telah berpindah dari pusatnya berarti mengalami pergeseran, yaitu apakah dia bergerak maju mundur ataupun menuju ke atas bawah.
Rotasi berbeda dengan translasi karena perubahan posisi pada translasi tidak mengacu pada suatu titik tertentu. Keistimewaan dari rotasi adalah jarak antara titik pusat dengan masing-masing bagian dari obyek yang diputar akan selalu tetap, seberapa jauh pun obyek itu diputar.


Pada sebuah game yang menggunakan grafik vektor dan grafik bitmap, rotasi dan translasi sangat di butuhkan. Dengan  basic4GL kita bisa menggunakan source code yang tersedia yaitu :

       glTranslatef (x, y, z) digunakan untuk merubah titik posisi awal sumbu koordinat menuju posisi yang ditentukan sesuai koordinat x,y, dan z.
      glRotatef (angle, x, y, z) digunakan untuk memutar suatu bidang pada sudut tertentu (angle).

Masih banyak penjelasan sebenarnya yang perlu dituliskan disini, namun karena penulis masih perlu banyak belajar maka sementara cukup sampai disini dulu.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar