Minggu, 24 Oktober 2010

2209105001 - OpenGL dan Directx

Oleh: Luky Winarto

OpenGL
OpenGL Logo
OpenGL (Open Graphic Library) merupakan library yang terdiri dari berbagai macam fungsi dan biasanya digunakan untuk menggambar sebuah atau beberapa objek 2 dimensi dan 3 dimensi. Library-library ini mendefinisikan sebuah cross-bahasa, cross-platform API (antarmuka pemrograman aplikasi) untuk menulis aplikasi yang menghasilkan komputer 2D dan 3D grafis. Bahasa pemrograman yang digunakan pada umumnya adalah pemrograman C/C++, namun dapat pula menggunakan Java. OpenGL merupakan library yang digunakan untuk melakukan pemrograman grafik; Graphic Programming. Untuk mempelajari pemrograman grafik ini, diharapkan kita dapat menguasai persamaan matematika, terutama operasi matriks. Karena, di dalam melakukan pemrograman grafik, akan dihadapkan mengenai pembuatan shading, shape, transform (rotate, translation, scala).

OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphich Inc pada tahun 1992 dan digunakan dalam CAD, virtual reality, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Dalam industri game, OpenGL juga sangat berperan dalam hal grafik. Pesaingnya adalah DirectX atau Direct3D yang berjalan di platform Microsoft Windows.

DirectX
Microsoft DirectX Logo

Direct3D merupakan sekumpulan API yang disediakan untuk melakukan pengembangan aplikasi grafik 3 dimensi. Direct3D API merupakan bagian dari DirectX. Sedangkan DirectX sendiri merupakan kumpulan API dan tersedia sebagai objek-objek COM (Component Object Model). API ini menyediakan objek fungsi untuk melakukan pengembangan aplikasi performa tinggi yang real time pada platform windows. DirectX bukan merupakan entitas tunggal, melainkan kumpulan entitas-entitas yang saling berinteraksi dengan komponen-komponennya adalah:
- DirectDraw
untuk interaksi 2D, seperti 2D Blitting (bit block transfer), overlay dll
- DirectSound
untuk mengintegrasikan suara dalam aplikasi
- DirectPlay
untuk mengintegrasikan beberapa user dalam aplikasi, menggunakan network untuk komunikasi antar user
- Direct3D
untuk mengintegrasikan kemampuan 3D ke dalam aplikasi
- DirectInput
untuk pengintegrasian support pada perangkat keras berupa inputan, seperti joystick, gamepad ke dalam aplikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar